7 Cara Mengasah Kreativitas Anak dengan Cara Menggambar

Mengasah kreativitas buah hati bisa Anda lakukan dengan cara sederhana di rumah, salah satunya melalui menggambar. Bakat dan ketertarikan setiap anak memang berbeda-beda, namun Anda bisa melatih kreativitas anak dengan banyak cara.

Walau banyak cara dan tidak hanya dengan menggambar saja, namun semua anak pasti akan senang menggambar dan mewarnai. Jadi, cara ini bisa lebih mudah diterapkan untuk buah hati tercinta dan tentunya tidak memiliki banyak risiko untuk mereka.

Sebagai orang tua, Anda bisa memilih cara mengasah kreativitas anak dengan menyenangkan dan membuat mereka nyaman. Menggambar akan memberikan banyak manfaat untuk buah hati yang baru mengenal dunianya.

Manfaat Menggambar

Manfaat Menggambar

Tidak hanya membuat anak mengembangkan imajinasinya, menggambar juga memberikan banyak hal positif untuk mereka. Di bawah ini beberapa hal positif dari menggambar.

  • Melatih Kecerdasan Motorik
    Menggambar memerlukan koordinasi tangan dan mata yang selaras. Mereka akan belajar memegang alat gambar dengan benar dan melatih tangan bergerak dengan cepat ketika membuat sebuah gambar.
  • Meningkatkan Daya Konsentrasi
    Dengan menggambar, anak akan terbiasa untuk fokus pada satu kegiatan, bersikap serius, dan hati-hati. Ini sangat baik untuk melatih fokus pada anak, sehingga mereka akan terbiasa berkonsentrasi ketika belajar nanti.
  • Meningkatkan Kreativitas Anak
    Daya imajinasi anak digunakan saat membuat sebuah gambar. Anak akan mencurahkan apa saja yang terlintas di benak mereka dalam gambar yang diciptakan.
  • Melatih Kesabaran Anak
    Karena proses menggambar tak semudah bicara atau menulis, anak akan belajar untuk bersabar hingga gambar mereka selesai. Di samping itu, mereka akan mengetahui bahwa ada langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menghasilkan sesuatu.
  • Mengembangkan Cara Komunikasi Anak
    Dengan menggambar, anak akan mencurahkan hal-hal yang tidak dapat mereka ungkapkan secara langsung. Ini sangat membantu anak yang kesulitan dalam berkomunikasi. Gambar akan menjadi media komunikasi bagi mereka.
  • Meningkatkan Daya Ingat Anak
    Menggambar membuat anak berpikir mengenai imajinasinya, sehingga daya ingat mereka akan ikut terlatih secara tidak langsung. Ini sangat berguna untuk anak yang pelupa.
  • Membantu Membedakan Warna
    Anak akan terbantu untuk mengenali karakteristik tiap warna dengan jelas, misalnya warna merah untuk bunga, kuning untuk matahari, hijau untuk dedaunan, cokelat untuk tanah, dan lain sebagainya.
Baca Juga  5 Ide Desain Kamar yang Nyaman untuk Anak Kembar

Lakukan Tujuh Hal Ini

Anda bisa mengembangkan kemampuan anak dengan metode yang mudah mereka pahami. Sebenarnya, cara mengasah kreativitas anak dengan menggambar tidaklah sulit. Anda bisa melakukan tujuh hal seperti di bawah ini.

  1. Sediakan fasilitas yang anak butuhkan untuk menggambar seperti pensil, kertas gambar, krayon, pensil warna, kuas, cat minyak, dan lain-lain. Lalu, jangan lupa untuk ajarkan anak menggunakan semuanya. Setelah anak tahu akan kegunaan barang-barang tersebut, biarkan mereka menggunakannya dengan cara dan keinginan mereka sendiri. Jangan paksa anak menggunakan cara Anda.
  2. Ajak anak untuk menggambar benda atau apa pun yang mereka lihat. Arahkan untuk mengamati benda tersebut sebelum menggambarnya. Berikan penjelasan tentang benda atau hal yang mereka gambar. Anak akan mengembangkan imajinasi mereka mengenai benda yang ada di sekitarnya, sekaligus mengetahui banyak hal baru dalam dunianya.
  3. Biarkan anak untuk bercerita mengenai hal-hal yang telah dialami menggunakan gambar. Ini akan membuat mereka semakin mengembangkan kreativitas. Semakin banyak hal yang mereka gambar, semakin luas daya ingat dan konsentrasinya.
  4. Buatkan tempat untuk mengabadikan hasil karya mereka, seperti buku khusus atau memajang setiap hasil karya anak di dinding kamar. Ini akan membuat anak merasa dihargai kerja kerasnya.
  5. Berikan apresiasi atau pujian untuk anak ketika berhasil menyelesaikan sebuah gambar. Ini akan menjadi penyemangat untuk mereka. Semakin dihargai, mereka akan semakin percaya diri. Maka, mereka akan selalu senang untuk melakukan kegiatan tersebut.
  6. Bila perlu, daftarkan anak Anda untuk mengikuti les menggambar agar dilatih lebih dalam lagi oleh pengajar yang berpengalaman. Sudah banyak tempat kursus menggambar untuk anak-anak. Ini akan lebih baik untuk perkembangannya karena mereka akan berkumpul dengan orang-orang yang suka menggambar. Hal tersebut sudah pasti akan semakin mempermudah anak untuk bersosialisasi.
  7. Jangan paksa anak untuk menggambar jika mereka tidak ingin melakukannya. Karena setiap hal yang akan mereka lakukan harus dengan keinginan mereka sendiri. Sebaiknya, Anda mendukung dengan tetap memberikan arahan untuk buah hati tercinta tanpa memaksa.
Baca Juga  4 Tips Memilih Pakaian Anak untuk Acara Ulang Tahun

Itulah tujuh hal yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kreativitas anak dengan menggambar. Berikan kesempatan kepada mereka untuk berkembang dan biarkan kemampuannya mengalir begitu saja secara alami sesuai dengan apa yang mereka bayangkan dalam dunianya.

Setiap tingkatan usia tentu akan berbeda cara mengekspresikan gambarnya. Jadi, jangan mengkritik atau bandingkan kemampuan menggambar anak dengan siapapun. Banyak ahli yang mengatakan jika karakter anak terlihat dari coretan tangannya.

Maka, Anda bisa mengetahui karakter anak dengan gambarnya. Gambar yang mereka ciptakan memiliki arti sendiri walau hanya berupa coretan-coretan biasa saja. Pemilihan warna dalam gambar yang anak buat juga menunjukkan suasana hati dan perasaan mereka.

Biasanya mereka akan menggunakan warna yang cerah ketika sedang dalam suasana hati yang ceria. Menjadi orang tua tentunya tidak mudah, namun Anda dapat membantu buah hati berkembang dengan cara Anda sendiri.

Karena Anda yang paling mengenal mereka lebih baik dari siapapun, maka bantulah anak untuk tumbuh dengan baik.

Mengasah kreativitas buah hati sejak dini akan mempermudah mereka dalam menghadapi masa depan kelak. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan daya minat anak agar mereka melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Image Source : Unsplash.com

Leave a Reply