4 Tips Memilih Pakaian Anak untuk Acara Ulang Tahun

Menghadiri pesta ulang tahun teman adalah salah satu hal yang sangat disukai anak-anak. Kue, teman-teman, dan permainan menjadi daya tarik utama dari acara ini. Oleh sebab itu, orangtua harus membantu anak mempersiapkan diri untuk menghadiri acara ini. Selain menyiapkan kado ulang tahun, orang tua juga harus membantu memilih pakaian yang akan anak kenakan. Mengenakan pakaian acara ulang tahun yang tepat tentu adalah suatu keharusan bagi anak anda.

Tips Memilih Pakaian Acara Ulang Tahun untuk Anak

Memilih pakaian anak untuk acara ulang tahun teman harus dilakukan dengan cermat. Jika tidak, anak anda akan terlihat under dressed atau malah over dressed. Kedua hal ini tentu tidak baik. Apabila anak terlihat under dressed, ia bisa merasa minder pada teman-temannya. Dan jika terlihat over dressed, ia akan menyaingi penampilan anak yang berulang tahun dan bisa-bisa malah dikira bahwa dirinyalah yang berulang tahun

Karena alasan di atas, orang tua harus mengerti tips memilih pakaian untuk acara ulang tahun. Sehingga, mereka dapat membantu anak memilih pakaian ulang tahun yang tepat. Berikut tips yang dapat anda ikuti.

1. Baca undangan dengan cermat untuk mengetahui apakah ada dress code tertentu

Agar anak anda tidak salah kostum, sebaiknya anda membaca undangan dengan cermat. Ada kemungkinan bahwa undangan itu mencantumkan dress code untuk acara ulang tahun tersebut. Jika ada, pastikan bahwa anda mengikuti ketentuan tersebut dengan baik. Jika anak anda memiliki pendirian sendiri tentang apa yang ingin ia kenakan, anda harus membuatnya paham bahwa pakaian untuk acara tersebut sudah ditentukan oleh teman yang berulang tahun.

Baca Juga  5 Ide Desain Kamar yang Nyaman untuk Anak Kembar

2. Pertimbangkan tema acara ulang tahun.

Apabila anda tidak menemukan catatan dress code pada undangan, anda dapat menyesuaikan pakaian pesta anak anda dengan tema pesta ulang tahun. Tema ini dapat anda terka dari undangan pesta tersebut. Contohnya, jika undangan berhiaskan gambar princess, kemungkinan besar acara pesta tersebut juga bertema princess. Jadi tamu undangan harus mengenakan rok atau dress anggun untuk anak perempuan dan blazer serta kemeja untuk anak laki-laki.

Selain menyesuaikan tema, anda juga dapat menyesuaikan pakaian pesta anak anda dengan warna yang mungkin digunakan pada acara pesta ulang tahun. Contohnya, jika undangan berwarna ungu, kemungkinan dekor pesta juga memiliki warna yang sama. Jadi, pilihlah pakaian atau aksesoris yang memiliki sentuhan warna ungu.

3. Jangan terlihat mencolok

Dalam memilih warna pakaian pesta ulang tahun, anda sebaiknya memilih warna yang cenderung kalem. Pemilihan warna kalem dilakukan agar anak anda tidak terlihat terlalu mencolok. Sebagai tamu, kita harus paham bahwa penampilan mencolok hanya dikhususkan untuk anak yang berulang tahun. Jadi, jika ada ketentuan memakai pakaian berwarna ungu, pilihlah ungu muda atau ungu pastel.

Selain itu, agar tidak terlihat mencolok, sebaiknya anda membatasi aksesoris yang akan dipakai anak anda. Gunakanlah aksesoris rambut yang tidak terlalu rumit serta batasi perhiasan yang ia pakai agar tidak terlihat over dressed.

4. Formal atau Kasual

Acara pesta formal tentu membutuhkan pakaian yang berbeda dari pesta kasual. Salah satu petunjuk yang dapat anda gunakan untuk mengetahui apakah acara ulang tahun tersebut formal atau kasual adalah dari venue pesta. Jika pesta dilakukan di sebuah restauran cepat saji, kemungkinan besar pesta ini adalah pesta kasual. Jika anda tidak mengetahuinya, sebaiknya pilihlah pakaian yang semi kasual.

Baca Juga  5 Cara Bagaimana Memilih Kacamata yang Pas untuk Anak Anda

Ide Pakaian Anak untuk Acara Ulang Tahun

Jika anda bingung pakaian pesta apa yang harus dikenakan oleh anak anda, berikut ini ada beberapa ide pakaian anak untuk acara ulang tahun.

Gaya Formal

Untuk pesta ulang tahun bergaya formal, tentu anak anda juga harus berpakaian formal. Formal fashion bagi anak perempuan dapat berupa gaun cantik. Pilihlah gaun yang sederhana namun cantik dengan warna yang lembut. Alternatif lainnya adalah rok berbahan kain yang dipadukan dengan blouse cantik.

Untuk melengkapi penampilannya, anda dapat menyematkan bando, pita, atau jepit rambut. Aksesoris yang dipakai sebaiknya satu saja agar tidak terlihat over dressed. Untuk sepatunya, anak perempuan anda dapat menggunakan flat shoes atau sepatu sandal manis berhak rendah.

Bagi anak laki-laki, gaya formal berarti mengenakan blazer rapi. Anda dapat memadukannya dengan celana kain berwarna senada. Sedangkan untuk sepatunya, jagoan anda dapat mengenakan sepatu kulit. Jika tidak punya, anda dapat memilih alternatif lain yaitu sepatu kets berwarna gelap. Jangan lupa untuk menyisir rambut anak laki-laki anda dengan styling gel sebelum berangkat ke pesta agar terlihat selalu rapi.

Gaya Kasual

Gaya kasual cocok untuk pesta ulang tahun kasual. Gaya ini terlihat santai namun tetap rapi. Untuk pesta ini, anak perempuan anda dapat mengenakan legging yang dipadukan dengan tunik manis. Sebagai alternatif, anda juga dapat memilih rok jeans yang dipadukan dengan blouse atau memilih summer dress yang terkesan lebih santai. Ide pakaian acara ulang tahun ini cocok dipadukan dengan flat shoes dan aksesoris minimalis.

Untuk anak laki-laki, pilihlah celana jeans dan kemeja rapi. Sebagai alternatif, anda dapat mengganti kemeja dengan kaos berkerah. Untuk membuat penampilannya terlihat lebih menarik, anda dapat memadukannya dengan jaket sporty. Jika terlalu gerah untuk mengenakan jaket, anda dapat memberi sentuhan suspender pada penampilannya. Ide pakaian ini dapat dilengkapi dengan sepatu kets atau sepatu sandal.

Baca Juga  7 Cara Mengasah Kreativitas Anak dengan Cara Menggambar

Selain memperhatikan tips-tips di atas, anda juga harus mengutamakan kenyamanan anak. Jika mereka merasa tidak nyaman dengan pakaian atau aksesori yang dipakai, mereka pasti tidak akan bisa menikmati pesta dengan maksimal. Oleh sebab itu, pastikan bahwa pakaian dan aksesorisnya nyaman dipakai. Pakaian yang nyaman artinya adalah pakaian yang mengizinkan anak untuk bisa bergerak dengan leluasa serta terbuat dari bahan yang enak dipakai. Sedangkan aksesoris yang nyaman adalah yang tidak mudah lepas dan tidak menyebabkan sakit jika dipakai.

Jika anak anda masih balita, sebaiknya anda juga membawa baju ganti saat menghadiri acara ulang tahun ini. Anak balita biasanya cenderung menumpahkan sesuatu pada bajunya atau pada baju temannya. Sehingga, anda perlu berjaga-jaga untuk hal ini agar ia dapat mengikuti pesta tanpa harus mengenakan baju basah dan kotor.

Leave a Reply