5 Ide Desain Kamar yang Nyaman untuk Anak Kembar

Memiliki anak kembar memang memberi kebahagiaan tersendiri. Namun, hal ini terkadang juga membawa suatu dilema dalam keluarga. Salah satunya adalah masalah kamar tidur. Desain kamar anak kembar pastinya berbeda dari pada desain kamar anak biasa. Kebanyakan orangtua menempatkan anak kembar mereka dalam satu kamar karena faktor kedekatan. Sayangnya, penataan kamar anak kembar ini dapat menjadi hal yang memusingkan.

Menciptakan kamar anak kembar yang nyaman tentu menjadi salah satu prioritas orang tua dengan anak kembar. Berikut ini Macupa Kids punya beberapa ide desain kamar anak kembar yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

1. Desain Kamar Tema Film Kartun

Desain Kamar Tema Film Kartun
Ilutrasi Foto oleh Victoria Borodinova on Pexels

Siapa sih yang tidak suka kartun. Anak kembar anda pasti juga suka menontonnya. Menjadikan tokoh kartun kesukaan mereka sebagai tema kamar mereka tentu akan membuat anak merasa nyaman dan betah. Untuk menciptakan kamar dengan tema ini, anda dapat menyewa pelukis dinding untuk menggambar tokoh kartun pada dinding kamar.

Lukisan ini sebaiknya terdiri dari satu lukisan besar dan beberapa lukisan yang lebih kecil. Lukisan dinding yang berukuran besar harus diletakkan di tempat yang strategis sehingga saat mereka membuka pintu atau membuka mata, mereka dapat langsung melihat lukisan ini. Untuk lukisan yang berukuran lebih kecil dapat ditempatkan bagian lain dinding kamar.

Jika budget anda terbatas, anda dapat menggunakan sticker dinding bertema tokoh kartun untuk menghiasi dinding kamar. Gambar tokoh kartun saja sebenarnya tidak cukup. Anda harus menggunakan warna dinding yang senada dengan warna tokoh tersebut. Selain itu, anda juga harus menambahkan dekorasi lain yang berkaitan dengan kartun tersebut.

Baca Juga  5 Cara Bagaimana Memilih Kacamata yang Pas untuk Anak Anda

2. Desain Tema Alam

Desain Kamar Tema Alam
Ilustrasi Foto oleh Annie Spratt on Unsplash

Jika anak kembar anda terlalu besar untuk memiliki kamar bertema tokoh kartun, anda dapat memilih tema alam untuk kamar mereka. Ada berbagai pilihan tema alam yang dapat anda pertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah pantai, luar angkasa, hutan, dan laut. Tema-tema alam tersebut pasti akan membawa aura sejuk dan nyaman pada kamar anak anda.

Untuk menciptakan tema ini, anda dapat menggunakan wallpaper, wall decal, wall sticker, atau bahkan dinding yang dilukis. Untuk tema angkasa, tentunya yang dilukis atau dihias bukanlah dinding namun langit-langit kamar. Agar kamar terlihat lebih apik, gunakan sarung bantal dan sprei dengan warna hijau atau biru serta menghiasnya dengan dekorasi yang senada. Lantai kayu dan perabotan dengan warna natural akan nampak sangat pas untuk kamar dengan tema ini.

3. Desain Kamar Warna Lembut untuk Anak Kembar Cewek

Ilustrasi Foto oleh Carol

Jika anda ingin kamar yang lebih simple, anda dapat mendesain kamar anak kembar anda dengan tema warna saja. Untuk anak perempuan, anda dapat memilih warna pink, magenta, atau warna-warna pastel. Dalam mendesain kamar bertema girly, anda harus cukup berhati-hati. Jika tidak, anda dapat membuat kamar anak kembar anda terkesan monoton. Oleh sebab itu, ada baiknya anda menggunakan beberapa warna sama dengan shade yang berbeda.

4. Desain Kamar Warna Netral untuk Anak Kembar Cowok Cewek

Ilustrasi Foto oleh Naim

Untuk anak kembar cowok dan cewek, tentu anda tidak dapat sembarang memililih warna kamar. Selera anak cowok dengan selera anak cewek pasti berbeda jadi anda harus menjembatani perbedaan ini. Warna terbaik untuk kamar anak kembar ini adalah warna-warna netral. Anda dapat memilih warna hijau, cokelat, mauve, atau kuning untuk kamar mereka.

Baca Juga  7 Resep Masakan untuk Anak yang Susah Diajak Makan

Agar kamar si kembar terlihat lebih menarik, anda tentu harus mendekornya dengan dekorasi-dekorasi yang juga netral, misalnya dekor bentuk hewan, bentuk bintang, atau corak kotak-kotak. Untuk kamar kembar cewek dan cowok, sebaiknya anda menciptakan pojok girly dan pojok boyish agar mereka dapat mengekspresikan diri mereka.

5. Desain Kamar Warna Tomboy untuk Anak Kembar Cowok

Desain Kamar Warna Tomboy
Ilustrasi Foto oleh Milly Eaton

Untuk anak kembar cowok, anda dapat menghiasnya dengan warna-warna tomboy. Beberapa warna tersebut adalah biru, abu-abu, merah, dan marine. Jika anda menggunakan warna abu-abu, sebaiknya anda berhati-hati. Warna ini dapat menciptakan suasana membosankan pada kamar. Oleh sebab itu, pastikan anda memadukan warna ini dengan dekorasi dan hiasan berwarna mencolok, seperti merah atau biru tua. Agar kamar terlihat lebih menarik, anda dapat menghiasnya dengan dekorasi bertema mobil atau pesawat.

Tips Memilih Desain Kamar untuk Anak Kembar

  1. Luas Kamar, Luas kamar sangat mempengaruhi desain kamar anak kembar yang akan dipilih. Jika memiliki kamar yang luas, anda dapat dengan leluasa mendesain kamar si kembar. Namun, jika kamar tersebut berukuran terbatas, anda harus hati-hati dalam mendesainnya. Gunakanlah warna yang lebih terang serta corak dekorasi yang berukuran kecil dalam mendesainnya. Dengan demikian, kamar terlihat lebih luas dan lebih lega.
  2. Perabotan, Untuk menciptakan kamar yang nyaman untuk si kembar, pastikan anda menyediakan perabotan yang sesuai untuk mereka. Dalam beberapa hal, anda harus menyediakan dua perabotan untuk mereka, misalnya dua tempat tidur, dua meja belajar, dan dua lemari. Namun untuk perabotan tambahan yang kurang penting, misalnya kursi santai, anda dapat menyediakan satu saja. Jika kamar si kembar kurang luas, pilihlah perobot-perabot yang ringkas namun tetap nyaman, contohnya tempat tidur tingkat.
  3. Tata Letak Perabotan, Meski tidur dalam satu kamar, anak kembar anda juga membutuhkan privasi. Untuk itu, menambahkan partisi kecil diantara tempat tidur mereka dapat menjadi alternatif. Jika penggunaan partisi tidak memungkinkan, anda dapat menata tempat tidur sedemikian rupa sehingga mereka tidak berdampingan. Anda juga dapat memberikan pojok privasi untuk mereka masing-masing.
  4. Penerangan, Penerangan kamar merupakan hal yang cukup penting. Jika kamar si kembar tidak cukup memperoleh sinar matahari, gunakanlah warna dinding cerah agar kamar terlihat lebih terang. Selain itu, pastikan lampu kamar si kembar dapat memenuhi kebutuhan mereka. Sehingga, mereka dapat belajar dengan penerangan yang cukup dan tidur dengan nyaman.
Baca Juga  Cara Menyajikan Menu Makanan Bergizi untuk Anak

Pemilihan desain kamar untuk anak kembar anda sebaiknya dilakukan dengan melibatkan mereka. Sehingga, mereka akan menyukai hasil akhirnya nanti dan nyaman beristirahat di kamar tersebut.

1 thought on “5 Ide Desain Kamar yang Nyaman untuk Anak Kembar”

Leave a Reply