Berencana Liburan ke Luar Kota Bersama Anak? Perhatikan 6 Hal Berikut Ini!

Liburan sekolah sudah tiba dan pasti menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak untuk memulai berpetualang bersama ayah juga ibu. Travelling ke luar kota mengunjungi sanak saudara atau hanya sekedar berjalan-jalan dapat menjadi momen yang sangat pas.

Namun, sayangnya banyak orang tua menunda liburan panjang tersebut dengan ribuan alasan terlontar dari mulut mereka. Padahal, kalau Anda mampu meluangkan waktu, liburan bersama anak keluar kota dapat menjadi kenangan yang tak terlupakan.

Kalaupun Anda belum sanggup untuk mengajak anak-anak travelling ke luar kota yang jauh dari kota asal, travelling ke luar kota yang dekat pun dapat menjadi second opinion untuk Anda.

Jangan biarkan waktu luang anak-anak diisi penuh dengan hal-hal yang kurang bermanfaat, seperti menghabiskan waktu untuk bermain gadget. Karena di zaman yang serba online seperti saat ini, hanya gadget yang mampu mengalihkan perhatian anak-anak.

Untuk menghentikan kecanduan anak-anak terhadap gadget, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu mengajak mereka berlibur ke luar kota, mendatangi tempat-tempat yang baru, berkenalan dengan budaya kota yang dikunjungi, dan berkenalan dengan orang baru.

Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan bila ingin travelling ke luar kota bersama keluarga tercinta, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menentukan Tujuan Kota yang Akan Dikunjungi Bersama Keluarga

Menentukan kota tujuan liburan bersama anak

Bila jarak kota sanak saudara dianggap terlalu jauh, Anda dapat menentukan kota lainnya untuk dijadikan destinasi kunjungan bersama anak. Atau, Anda juga dapat menentukan destinasi kota wisata bersama anak-anak.

Baca Juga  7 Resep Masakan untuk Anak yang Susah Diajak Makan

Salah satu caranya adalah dengan membuat undian dan mengocok bersama anak-anak. Dengan demikian, anak-anak dapat merasakan tantangan yang baru dari orang tuanya.

2. Menentukan Moda Transportasi yang Diinginkan

Moda transportasi yang digunakan selama liburan bersama anak

Setelah menentukan destinasi kota yang akan Anda dan keluarga kunjungi, tidak ada salahnya untuk kembali berdiskusi bersama anak-anak dan pasangan untuk menentukan transportasi yang akan digunakan.

Perhatikan, kenyamanan anak-anak harus menjadi perhatian Anda pertama-tama. Adapun moda transportasi yang dapat Anda jadikan bahan untuk berdiskusi adalah kereta, mobil pribadi, bus, pesawat atau kapal laut.

Bila pilihan destinasi kota yang dituju tidak terlalu jauh dari kota asal Anda, naik kereta bersama anak-anak dapat menjadi pilihan yang tepat. Biarkan anak-anak merasakan sensasi yang berbeda dari moda transportasi yang mereka anggap baru.

3. Membuat Jadwal

Menulisa jadwal liburan bersama anak

Hal berikutnya setelah menetapkan kota tujuan dan moda transportasi adalah membuat jadwal yang tepat untuk mewujudkan travelling bersama anak.

Pelajari tempat wisata akan Anda kunjungi yang sudah ditentukan bersama-sama. Buatlah beberapa jadwal kunjungan. Dan ingatlah selalu untuk tidak terlalu ambisius memasukkan semua destinasi wisata di kota tujuan.

Pilihlah beberapa wahana wisata yang ada di kota tersebut, yang paling sesuai untuk anak-anak atau keluarga. Perhitungkan juga jarak dan waktu tempuh antartujuan dan waktu minimal yang dibutuhkan untuk dapat menikmati tempat wisata tersebut.

4. Memesan Tiket dan Memilih Tempat Menginap

memilih tempat menginap untuk liburan bersama anak

Jangan lupa untuk memesan tiket beberapa minggu sebelum berangkat ke kota tujuan wisata bila Anda ingin menggunakan moda transportasi daripada mobil pribadi. Dengan demikian Anda tidak perlu repot-repot saat hari H karena harus mengurus tiket perjalanan pulang-pergi.

Setelah memesan tiket PP, selanjutnya adalah menentukan tempat untuk menginap. Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi wisata yang dapat di-download pada layanan playstore. Cari dan pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Baca Juga  5 Cara Bagaimana Memilih Kacamata yang Pas untuk Anak Anda

5. Membuat Daftar yang Wajib Dibawa

daftar yang wajib dibawa selama liburan bersama anak
Daftar Barang Bawaan

Buatlah daftar barang-barang apa saja yang wajib untuk dibawa. Beberapa di antaranya seperti tertulis di bawah ini:

  1. Pakaian ganti secukupnya, dan pilihlah pakaian yang dapat di mix and match serta yang mampu menyerap keringat.
  2. Pakaian yang sesuai dengan tempat wisata di kota tersebut, misalnya pakaian renang bila berkunjung ke pantai, jaket atau sweater bila berkunjung ke daerah yang memiliki cuaca dingin.
  3. Jaket, topi, ataupun alas kaki untuk anak-anak yang ekstra aktif.
  4. Perlengkapan anak, seperti perlengkapan peralatan mandi, tisu basah, sisir, handuk, dan selimut.
  5. Obat-obatan anak ataupun keluarga, karena Anda tidak akan pernah tahu apa saja yang akan terjadi selama perjalanan, sakit atau cidera bisa datang kapan saja. Persiapkan obat-obatan tersebut di kala anak-anak membutuhkan.
    Adapun obat-obatan yang wajib dipersiapkan adalah obat turun panas, diare, antimemar, pembalut berperekat, serta cairan antiseptik. Dan obat-obatan yang khusus untuk anak-anak bila memiliki penyakit, seperti asma atau alergi.
  6. Membawa botol minum untuk anak yang akan membantu Anda mengontrol seberapa banyak air putih yang masuk ke tubuh anak setiap harinya. Bahkan dapat menghemat pengeluaran Anda dengan membeli air kemasan ukuran besar yang harganya relatif lebih murah.
  7. Makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi anak-anak selama perjalanan. Daripada mengeluarkan budget lebih untuk membeli makanan yang kurang higienis, lebih baik mempersiapkan makanan dan minuman yang lebih sehat dari rumah.
  8. Mainan anak-anak. Biasanya, anak-anak bila mengunjungi tempat wisata, pandangannya tidak akan lepas dari mainan-mainan yang dijual di tempat wisata tersebut. Alihkan perhatian anak dengan mainan yang sudah Anda siapkan sebelumnya.

6. Konsultasikan ke Dokter

sebelum liburan bersama anak, konsultasikan ke dokter
Konsultasi Dokter

Sebelum Anda berangkat ke destinasi kota wisata yang akan dikunjungi bersama anak-anak untuk menghabiskan masa liburan panjang mereka. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter akan kesehatan keluarga Anda.

Baca Juga  10 Langkah Bagaimana Cara Mengukur Baju Anak Laki-laki

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui secara pasti persiapan kondisi badan anak-anak untuk berlibur panjang bersama. Jangan memaksakan diri untuk tetap liburan ke luar kota bila kondisi badan Anda ataupun anak-anak tidak memungkinkan!

Image Source : Unsplash.com
Tentang MacupaKids

Leave a Reply