Cara Menyajikan Menu Makanan Bergizi untuk Anak

Memasak sendiri untuk anak merupakan salah satu kewajiban orang tua agar anak mendapatkan makanan bergizi setiap hari. Gizi yang tercukupi dapat menjaga daya tahan tubuh dan juga meningkatkan kecerdasan si anak. Untuk urusan makan, orang tua terutama Ibu memang harus turun tangan langsung. Dari menentukan menu, memilih bahan seperti sayur dan lauknya, serta pengolahannya. Orang tua yang sadar tentang pentingnya gizi, pasti akan menjaga betul menu makanan si buah hati.

Menurut MacupaKids, menyajikan menu makan yang penuh gizi perlu perhatikan hal-hal berikut ini :

Memantau Komposisi Gizi

komposisi makanan bergizi untuk anak
Komposisi Makanan Bergizi

Sebagai orang tua, kita harus selalu menyesuaikan kebutuhan gizi dan perkembangan anak serta pemberian makanannya. Sebagai contoh, kita harus menyesuaikan porsi makan anak (dibandingkan dengan di resep). Atau, ketika anak dalam masa baru tumbuh gigi tidak mau atau malas makan daging, ibu harus cari cara alternatif agar asupan protein dari daging tetap terpenuhi. Misal, mengolah daging menjadi bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan mudah ditelan. Dan berharap si anak yang baru tumbuh gigi ini tidak menolak makan daging dalam bentuk bakso ini.

Hindari pemberian gula dan garam sejak dini, untuk menambah rasa gurih disarankan ganti dengan memberi bawang goreng yang digoreng sendiri menggunakan minyak jagung, tentu tujuannya untuk menyajikan makanan bergizi untuk anak.

Memasak sendiri makanan untuk anak memang memberikan kepuasan tersendiri bagi orang tua karena mengetahui takaran gizi yang dihidangkan. Terutama ketika melihat anak yang aktif dan jarang sakit dan sesuai dengan pertumbuhan rata-rata anak seusianya.

Prinsip penting yang harus orang tua pegang adalah tidak memaksa anak untuk makan. Tetapi asupan kalori dan komposisi gizi selalu dalam pantauan orang tua. Catet!.

Baca Juga  3 Gaya Potong Rambut Berikut Ini Bisa Jadi Referensi untuk Puteri Anda

Pilih Sayuran Organik

sayur organik jenis makanan bergizi untuk anak
Sayur Organik

Khusus untuk anak yang terpenting memberikan bahan makanan segar untuk memenuhi kebutuhan gizi si buah hati. Pilihlah sayut-mayur organik karena jenis sayur organik ini mempunyai keunggulan yaitu tidak digunakannya bahan kimia seperti pestisida dan pupuk kimia dalam proses penanamannya sehingga relatif aman. Tulisan ini bukannya anti sayuran non-organik. Di sini hanya ingin meminimalkan zat kimia dalam makanan yang dikonsumsi anak-anak.

Hal yang perlu dihindari juga adalah memberi snack berupa permen, es krim atau makanan yang mengandung MSG. Paling tidak, mengurangi konsumsinya, karena kita tahu sebagian anak susah untuk menghindari konsumsi snack.

Tantangan yang dihadapi untuk mengkonsumsi sayuran organik ini bukan karena sulit menemukan stoknya yang kini sudah ada di semua pasar swalayan terkemuka, melainkan tanggapan lingkungan. Akan ada banyak pertanyaan, mengapa memilih sayuran organik dan sebagainya. Begitu juga seputar larangan mengkonsumsi snack dengan penyedap rasa yang sangat digandrungi anak-anak dan mudah mudah diperoleh di toko-toko terdekat di sekitar mereka seperti sekolah, tempat les, tempat ekstra kulikuler dll.

Sebelum penutup, perhatikan tips di bawah ini:

  • Selalu mencuci tangan sebelum mengolah masakan
  • Pastikan perangkat dan alat makan steril
  • Masak dalam porsi kecil agar langsung habis
  • Mencuci bersih sayur-mayur, buah-buahan dan daging di bawah air mengalir
  • Untuk sayur diusahakan direndam dengan air garam dulu setelah dicuci dan sebelum dimasak agar terhindar dari sisa-sisa ulat yang ada di sayur
  • Perhatikan urusan menyimpan bahan makanan sebab beberapa harus habis sekali makan, terutama sayur-mayur
  • Sebaiknya diolah dengan cara mengukus agar zat gizi tidak hilang karena larut air
  • Kalaupun harus direbus, gunakan sedikit air
  • Apabila menggunakan kompor masaklah dengan api kecil selama 5-10 menit, kecuali untuk memasak daging karena daging harus dimasak sampai empuk
  • Dengan microwave gunakan low heat dan seringlah agar tidak ada hot spot yang dapat ‘membakar’ lidah si kecil
Baca Juga  Mencocokkan Gaya Potong Rambut Anak dengan Busananya

Pada dasarnya semua bahan makanan menyehatkan yaitu bertujuan untuk memberikan makanan yang bergizi untuk anak, tergantung cara kita sebagai orang tua yang aware terhadap gizi ini mengolah makanannya. Orang tua silahkan menentukan mau memberikan makanan yang sudah jadi atau memasak sendiri di rumah untuk si buah hati. Yang penting, kecukupan gizi harus terpenuhi dan komposisi gizinya harus seimbang.

Image Source : Unsplash.com

Leave a Reply