3 Gaya Potong Rambut Berikut Ini Bisa Jadi Referensi untuk Puteri Anda

Gaya potong rambut untuk buah hati, terutama pada anak perempuan, sering menjadi perhatian khusus para Ibu. Orang tua tentunya selalu ingin memberikan yang terbaik, tak terkecuali dalam hal penampilan.

Anak perempuan memang cenderung lebih senang dan mudah untuk didandani. Hal itu menjadi keasyikan sendiri bagi para ibu untuk eksplorasi berbagai macam gaya.

Meski hal ini menjadikan ibu selalu terdorong melakukan eksperimen beragam gaya potong rambut puteri, ibu juga pasti tak akan sembarangan dalam menata penampilan supaya buah hatinya lebih menarik dan juga cantik sesuai usianya.

Walaupun tak sesering memotong rambut anak laki-laki, menata gaya atau model rambut putrinya tentunya harus jadi agenda ibu.

Jika Anda seorang ibu yang mengalami hal serupa, pastikan untuk memberi mereka semangat dalam memperbaiki penampilan, dimulai dari bertanya langsung seperti apa gaya rambut yang diinginkan putrinya.

Setelah itu, arahkan kembali gagasan anak ke dalam pilihan yang lebih sesuai dengan usia dan posturnya. Hal itu mungkin akan membutuhkan waktu, tetapi anak akan semakin bersemangat dan lebih memerhatikan penampilannya.

Ketika memilih gaya potong rambut, penting untuk mempertimbangkan bentuk wajah putri Anda. Model rambutnya tentu harus cocok untuk anak yang memerlukan banyak gerak dan aktivitas yang lincah.

Identifikasi Gaya Potong Rambut yang Tepat Sesuai Bentuk Wajah

Sebelum memilih gaya potong rambut yang tepat untuk putri, Anda haruslah mengidentifikasi bentuk wajah. Hal itu dilakukan supaya model rambut terlihat cocok untuknya, namun bagaimana caranya?

Baca Juga  10 Langkah Bagaimana Cara Mengukur Baju Anak Laki-laki

Caranya melalui teknik sederhana dengan cermin. Gambar bayangan garis wajah putri Anda di cermin menggunakan spidol papan tulis. Setelah itu, Anda bisa melihat apakah wajahnya tergolong persegi, oval, atau bahkan bulat.

Berikut ini beberapa referensi dari MacupaKids.com yang bisa membantu Anda memilih gaya potong rambut puteri sesuai bentuk wajah.

1. Bentuk Wajah Kotak

gaya potong rambut untuk wajah kotak

Bentuk wajah ini mempunyai keunikan tersendiri dengan karakteristik rahang sedikit lebar dan sejajar dengan tulang pipi. Disarankan untuk lebih memberikan poni panjang ke samping supaya rahang yang kotak terlihat samar.

Jika anak memilih gaya potong rambut puteri yang pendek, usahakan poni yang lurus terurai sampai garis pipi, agar lebih cocok.

Namun, apabila anak mempunyai rambut keriting, tak usah melepas poni. Pertimbangkan mengurangi volume dengan cara memotong lapisan setinggi bahu.

2. Bentuk Wajah Oval atau Memanjang

gaya potong rambut untuk wajah memanjang atau oval

Bentuk wajah oval merupakan standar kecantikan artis papan atas. Meskipun begitu, menata rambut putri dengan tipe wajah ini bisa sedikit sulit bila kurang jeli. Hal ini karena bentuk wajah oval merupakan perpaduan dari bentuk wajah kotak dan juga bulat.

Jenis model rambut yang tepat untuk pemilik wajah oval yaitu bob, baik itu bob ikal, asimetris, bersiku, ataupun tumpul. Cocok juga jenis model rambut medium dengan rambut yang sedikit lebih panjang dari bahu.

Dapat memadukan berbagai gaya potong rambut buah hati menjadi aktivitas yang menarik. Untuk anak yang mempunyai rambut keriting, hindari memilih model yang menutupi wajah dan poni yang terlihat berat.

3. Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah bulat memiliki karakteristik pipi bundar dan dagu yang kecil. Idealnya, Anda memilih potongan rambut dalam lapisan. Hal itu akan melembutkan fitur wajah dan memberikan kesan lebih tipis.

Baca Juga  Berencana Liburan ke Luar Kota Bersama Anak? Perhatikan 6 Hal Berikut Ini!

Trik yang bisa digunakan ialah selalu menjaga rambut di sekitar pipi. Maka, disarankan untuk memilih rambut yang panjangnya di atas atau sedikit di bawah bahu.

Anda juga bisa mengaplikasikan poni dan lapisan yang membingkai wajah, sehingga garis rahang dan tulang pipi anak terlihat lebih menonjol.

Tips Merawat Gaya Potong Rambut

Selain memilih model gaya potong rambut, Anda juga harus merawat rambut anak perempuan yang memang akan sedikit lebih membutuhkan usaha daripada anak laki-laki. Di bawah ini beberapa tips untuk merawat rambut agar sehat dan cantik.

Rutinlah untuk Membersihkan Rambut

Merawat rambut dengan rutin membersihkannya

Usahakan mencuci rambut anak setiap dua hari sekali sebab anak yang aktif akan sangat mudah berkeringat. Hal itu yang menimbulkan bau dan gatal yang mengganggu.

Akan tetapi, terlalu sering mencuci rambut juga tidaklah baik karena dapat mengganggu produksi minyak di kulit kepalanya dan menjadikannya masalah baru untuk rambut, seperti terlalu kering.

Gunakanlah Sampo Khusus

Sampo untuk membersihkan dan melembutkan rambut

Kondisi rambut anak-anak sangat berbeda dengan orang dewasa sehingga membutuhkan sampo yang juga berbeda.

Untuk itu, selalu gunakan sampo khusus anak yang memiliki kandungan alami serta tidak mengandung SLS ataupun SLES supaya tidak mudah iritasi dan tidak mudah kering.

Berhati-Hatilah Ketika Menyisir

Peralatan untuk merapikan rambut

Menyisir rambut anak perempuan memang harus hati-hati, apalagi kegiatan yang aktif membuat rambutnya mudah kusut. Selain mudah rontok dan patah, menyisir dengan kasar dapat membuat kepala anak sakit.

Sebaiknya, mulai menyisir dari bagian bawah rambut terlebih dahulu, barulah kemudian bagian atas. Pisahkan rambut yang kusut menggumpal dengan jari Anda dan jangan membasahinya.

Anda juga bisa memberikan kondisioner atau semprotan anti kusut yang diformulasikan khusus untuk anak-anak.

Baca Juga  4 Tips Memilih Pakaian Anak untuk Acara Ulang Tahun

Berikanlah Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi untuk kebutuhan kesehatan rambut

Makanan tak hanya bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga berpengaruh terhadap rambut anak. Anda dapat memberikan gizi yang cukup supaya kesehatan rambutnya terjaga.

Pasalnya, kurangnya asupan vitamin dan protein bisa menyebabkan rambut menjadi kusam, rontok, dan mudah patah.

Berikan Perawatan Rambut

Bahan-bahan alami untuk menutrisi rambut

Anda dapat memberikan perawatan rambut yang sehat dengan menggunakan bahan alami, contohnya dengan lidah buaya atau Aloe vera dan minyak kemiri, bahan tradisional yang terbukti ampuh.

Keduanya dapat membuat batang rambut menjadi sehat, tampak tebal, dan juga berkilau. Perlu diingat bahwa jenis dan juga ketebalan rambut sudah diatur secara genetik, atau berarti turunan dari ayah-ibunya.

Tebal atau tipis, lurus atau keriting seharusnya tidak menjadi masalah. Yang harus diperhatikan hanya menjaga kesehatan rambut dengan cara merawatnya secara tepat.

Itulah beberapa referensi gaya potong rambut dan tips menjaga rambut anak perempuan agar penampilannya lebih menarik, cantik, dan pastinya sehat di setiap helainya.

Image Source : Unsplash.com

Leave a Reply