10 Langkah Bagaimana Cara Mengukur Baju Anak Laki-laki

Baju anak memang tidak sama dengan baju dewasa. Meski ada standar ukuran S, M, L, XL, dan seterusnya, tidak menjamin baju pas dipakai anak. Anak memang mempunyai ukuran badan yang berbeda satu sama lain sehingga diperlukan cara mengukur baju anak.

Meski sepintas sama, anak laki dan perempuan mempunyai ukuran baju yang berbeda. Untuk itu, beberapa orang lebih memilih menjahitkan baju anak daripada membeli barang jadi, khususnya baju tertentu, seperti baju pesta, baju batik resmi, dan sebagainya.

Apalagi jika Anda bisa menjahit, rasanya pasti memuaskan bisa menjahitkan mereka baju sendiri. Jika sudah begitu, mengetahui bagaimana cara mengukur pakaian untuk anak lelaki Anda menjadi hal yang penting.

Namun, tidak hanya untuk kepentingan menjahit. Mengetahui cara mengukur baju anak dapat berguna pula saat Anda akan membelikan baju tetapi mereka tidak dibawa serta. Dengan ukuran yang tepat, baju yang dibeli tidak akan kekecilan atau kebesaran.

Untuk itu, di artikel ini MacupaKids.com akan membahas cara mengukur baju anak laki-laki. Langsung saja, yuk, simak sepuluh langkah sederhana mengukur baju anak laki-laki di bawah ini!

1. Persiapan

Mengukur baju anak tidak seperti mengukur orang dewasa. Terkadang anak, terutama laki-laki, berlarian tidak dapat mengikuti instruksi Anda.

Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi pengertian pada anak tentang pengukuran. Jelaskan bahwa Anda akan menjahitkan mereka baju atau membelikan baju baru, pasti mereka akan senang.

Baca Juga  7 Resep Masakan untuk Anak yang Susah Diajak Makan

Di sini, Anda juga harus ekstra sabar menghadapi anak. Jangan terlalu berharap pengukuran cepat selesai.

Persiapan selanjutnya adalah alat ukur yang disebut meteran dan seutas tali yang fleksibel tetapi tidak melar. Tali bisa dari bahan apa saja. Siapkan pula alat tulis untuk mencatat hasil pengukuran.

Kalau perlu, Anda boleh menuliskan terlebih dahulu apa saja yang akan diukur, seperti lingkar pinggang, lingkar panggul, lingkar badan, panjang punggung, panjang celana, panjang lengan, panjang bahu, panjang celana dari bagian bawah paha, dan tinggi badan anak. Dengan demikian, Anda bisa menyingkat waktu dan tinggal menuliskan ukurannya saja.

2. Mengikatkan Tali Pada Pinggang

Sebelum pengukuran dimulai, ikatkan tali yang disiapkan di bagian pinggang anak dengan sedikit longgar. Untuk memastikan bahwa mereka nyaman, putar-putarlah tali tersebut.

Kemudian, minta anak untuk merentangkan tangan, lalu bergoyang ke kanan dan ke kiri. Jika tubuh anak dapat bergerak bebas dan tali tetap tidak sempit, artinya tali sudah dipasangkan secara tepat.

Cara mengukur baju anak laki-laki selanjutnya dapat dilakukan.

3. Mengukur Lingkar Pinggang

mengukur baju anak bagian lingkar pinggang

Langkah selanjutnya adalah mengukur linggar pinggang. Bagian-bagian yang diukur ini sama dengan orang dewasa. Bedanya, dalam mengukur orang dewasa, beberapa sentimeter ditambahkan untuk mengantisipasi bertambahnya ukuran lingkar pinggang saat baju sudah jadi.

Sementara itu, tidak perlu dilakukan penambahan dalam mencatat ukuran lingkar pinggang anak. Mintalah anak merentangkan tangannya ke samping, lalu letakkan meteran tepat di bagian yang diikat tali. Perhatikan berapa angka yang ditunjukkan oleh meteran yang Anda pegang.

Geser meteran ke kanan dan kiri untuk meyakini bahwa pinggang diukur dengan tepat dan tidak sempit atau longgar. Cara mengukur baju anak laki-laki selanjutnya dapat dilakukan.

Baca Juga  5 Cara Bagaimana Memilih Kacamata yang Pas untuk Anak Anda

4. Mengukur Lingkar Panggul

mengukur baju anak bagian lingkar panggul

Panggul anak sesungguhnya belum kelihatan benar, namun ini tetap perlu diukur. Carilah bagian bokong atau belakang anak laki-laki yang paling menonjol. Di situlah Anda mengukur lingkar panggul.

Sesuai dengan namanya, lingkar panggul diukur mulai dari bagian belakang di bawah pinggang yang menonjol ke arah depan kembali ke belakang. Tidak lupa mengeser-geser meteran ke kanan dan kiri untuk mempertimbangkan bahwa lingkar panggul diukur secara tepat.

Perhatikan angka yang ditunjukkan oleh meteran dan catat dengan teliti.

5. Mengukur Lingkar Badan

mengukur baju anak bagian lingkar badan

Masih seputar ukuran melingkar atau sekeliling badan, selanjutnya adalah cara mengukur baju dengan lingkar badannya.

Lingkar badan diukur tepat di bawah ketiak anak Anda merentangkan tangannya. Ukuran dimulai dari depan dada dan kembali ke dada.

6. Mengukur Panjang Punggung

mengukur baju anak bagian punggung

Selanjutnya, Anda harus mengukur panjang punggung. Ini penting untuk mengukur panjang baju yang akan dijahit.

Panjang punggung diukur dari belakang. Carilah bagian belakang yang menonjol tepat di bawah leher. Letakkan meteran angka nol di sana dan ukur hingga mencapai pinggang atau tepatnya di bagian yang diikat dengan tali.

7. Mengukur Panjang Celana

mengukur baju anak bagian celana

Mengukur panjang celana biasanya dari bagian pinggang sampai lantai dekat kaki anak. Kenapa diukur lebih dari mata kaki? Karena anak cepat sekali tumbuh. Lebihkan panjangnya sedikit untuk mengantisipasi hal tersebut.

8. Mengukur Panjang Bahu

mengukur baju anak bagian bahu

Panjang bahu anak juga diukur. Anda harus mengukurnya mulai dari batas paling tinggi di bawah leher hingga batas baling rendah ke arah lengan.

9. Mengukur Panjang Lengan

mengukur baju anak bagian lengan

Panjang lengan diukur dengan meminta anak untuk meletakkan tangan di pinggang. Ini diperlukan agar baju yang dibuat tidak sempit ketika anak melakukan aktivitas.

Baca Juga  Berencana Liburan ke Luar Kota Bersama Anak? Perhatikan 6 Hal Berikut Ini!

Ukurlah mulai dari bagian bahu paling rendah sampai pergelangan tangan.

10. Mengukur Tinggi Badang

Mintalah anak untuk menempelkan badannya di dinding menghadap ke depan. Pastikan kakinya tidak jinjit dan tidak pula melengkung. Bagian tumit harus rapat ke dinding.

Minta pula anak untuk menegakkan kepalanya menempel dinding. Tandai bagian kepala paling tinggi di dinding. Setelah itu, baru ukur tinggi dinding yang ditandai sampai ke lantai. Pengukuran bagian ini berfungsi untuk menentukan panjang baju bagian atas.

Nah, itulah sepuluh langkah cara mengukur baju dengan mudah dan tepat! Simpan catatan di dompet atau tempat yang mudah diingat, sehingga siap digunakan kapan saja. Selamat mencoba!

Image Source : Unsplash.com

1 thought on “10 Langkah Bagaimana Cara Mengukur Baju Anak Laki-laki”

Leave a Reply